Home » » Spionase Cyber Ancam Organisasi di 23 Negara

Spionase Cyber Ancam Organisasi di 23 Negara

Para peneliti mengendus adanya kampanye spionase cyber yang telah menembus 59 komputer milik organisasi pemerintah, institusi penelitian, think tank, dan perusahaan swasta di 23 negara dalam 10 hari ini. Kampanye serangan ini ditemukan dan dianalisa oleh peneliti dari Kaspersky Lab dan Laboratory of Cryptography and System Security (CrySyS).
Serangan bernama MiniDuke ini menggunakan teknik yang juga dikenal dengan sebutan spear phishing, yang menjadikan email sebagai media targetnya. Pesan email tersebut membawa file PDF berbahaya yang memanfaatkan celah Adobe Reader 9, 10 dan 11.
Celah ini sudah ditemukan menjadi target serangan sejak awal bulan Februari oleh firma keamanan FireEye.  Malware dalam file-file PDF ditargetkan untuk menelusup ke dalam komputer sejumlah organisasi. File ini menelusup dengan dikirim ke target, seolah berisi laporan seputar konferensi yang dilakukan organisasi-organisasi tersebyt.
Teknik lain adalah dengan berusaha terhubung ke akun Twitter dengan cara mengirim link berisi perintah mengunjungi web tertentu. Ternyata web –web ini memuat foto GIF yang mengandung program backdoor. Organisasi yang menjadi target berasal dari Portugal, Ukraina, Jerman, dan Belgia.
Diprediksi, orang-orang di balik kampanye spinonasi MiniDuke ini sudah beroperasi sejak April 2012, yakni sejak diciptakan sejumlah akun Twitter yang sengaja dibuat untuk menyebarkannya. Serangan baru semakin terlihat sejak aktivitas mereka meningkat dengan memanfaatkan celah Adobe Reader baru-baru ini.
Menurut Kaspersky Lab, malware yang dipakai dalam serangan baru ini tergolong unik, belum pernah dilihat sebelumnya.  Sepertinya kelompok ini memiliki target lebih luas. Organiasi yang menjadi korban MiniDuke berasal dari Belgia, Brasil, Bulgaria, Chechnya, Georgia, Jerman, Hungaria, Irlandia, Israel, Jepang, Latvia, Lebanon, Lithuania, Montenegro, Portugal, Rumania, Rusia, Slovenia, Sanyol, Turki, Ukraina, Inggris, dan Amerika Serikat.

Sumber artikel: PCWorld / Sumber gambar: siliconangle.com -
Share this article :

0 comments:

Post a Comment


Paling Banyak Dikunjungi

Kategori

Paling Populer

Translate